Plagiarism Policy

Pernyataan dan Kebijakan

Journal of Educational Management and Instruction menerapkan kebijakan Tanpa Toleransi terhadap plagiarisme dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menguraikan tindakan spesifik (sanksi) ketika plagiarisme teridentifikasi dalam artikel yang dikirimkan untuk publikasi di jurnal ini.

Definisi: Plagiarisme melibatkan "penggunaan atau peniruan yang mirip atas bahasa dan pemikiran penulis lain dan merepresentasikannya sebagai karya asli sendiri."

Kebijakan: Makalah harus orisinal, belum pernah diterbitkan, dan tidak sedang dalam proses publikasi di tempat lain. Setiap materi yang diambil secara verbatim (kata demi kata) dari sumber lain harus diidentifikasi secara jelas sebagai bagian yang berbeda dari teks asli saat ini dengan cara: (1) indentasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber.

Teks apa pun dalam jumlah yang melebihi standar penggunaan wajar (fair use) (di sini didefinisikan sebagai lebih dari dua atau tiga kalimat atau setara dengan itu) atau materi grafis apa pun yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, dari penulis aslinya, serta memerlukan identifikasi sumber; misal: publikasi sebelumnya.

Semua makalah yang dikirimkan akan diperiksa tingkat kesamaannya menggunakan Turnitin atau Ithenticate.

Ketika plagiarisme teridentifikasi, Editor Utama yang bertanggung jawab atas peninjauan makalah ini akan menyepakati tindakan-tindakan sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi dalam makalah tersebut berdasarkan pedoman berikut:

Tingkat Kesamaan (Similarity Level)

Journal of Educational Management and Instruction menerapkan kebijakan Tanpa Toleransi terhadap plagiarisme. Kami menggunakan Turnitin atau Ithenticate untuk mengevaluasi indeks kesamaan dan kemudian editor memutuskan kasus dugaan plagiarisme (Laporan kesamaan akan diberikan kepada penulis). Dewan redaksi telah menetapkan tindakan-tindakan berikut:

  • Indeks Kesamaan di atas 40%: Artikel Ditolak (karena sitasi yang buruk dan/atau parafrase yang buruk, artikel ditolak secara langsung, TIDAK ADA PENGIRIMAN ULANG yang diterima).

  • Indeks Kesamaan (15-40%): Dikirim ke penulis untuk perbaikan (berikan sitasi yang benar pada semua bagian yang memiliki kesamaan dan lakukan parafrase yang baik meskipun sitasi telah dicantumkan).

  • Indeks Kesamaan Kurang dari 10%: Diterima atau perbaikan sitasi mungkin diperlukan (sitasi yang tepat harus diberikan untuk semua teks yang diambil dari sumber luar).

Dalam kasus 2 dan 3: Penulis harus merevisi artikel dengan cermat, menambahkan sitasi yang diperlukan, dan melakukan parafrase yang baik terhadap teks dari sumber luar. Kemudian kirim ulang artikel dengan laporan Turnitin baru yang menunjukkan TIDAK ADA PLAGIARISME dan tingkat kesamaan kurang dari 15%.